Jumat, 04 Oktober 2013

Microsoft Menginspirasi Calon Wirausaha Muda Indonesia



Perekonomian  Indonesia
UNIVERSITAS GUNADARMA






Nama : Fachmi Putri R
Kelas / NPM : 1Eb20 - 22212592
Judul : Microsoft Menginspirasi Calon Wirausaha Muda Indonesia
Dosen : S.Tiwi Anggraeni

UNIVERSITAS GUNADARMA



Judul           :  Microsoft Menginspirasi Calon Wirausaha Muda Indonesia


PENDAHULUAN
        Microsoft adalah suatu perusahaan ternama diindonesia, perusahaan ini berusaha untuk mendemokan teknologi terbaru dan terbaik, dan menginspirasi mereka untuk membuat karya teknologi yang canggih dan bermanfaat untuk para calon wirausaha muda. Perkembangan gaya hidup masyarakat yang semakin maju, membuat kebiasaan sehari-hari pun mengalami perubahan. Semakin pesatnya microsoft maka teknologi memang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Microsoft juga diharapkan akan banyak memberikan dukungan terhadap program pengembangan wirausaha di bidang Ilmu Teknologi. Keterlibatan perusahaan itu meliputi pemberian bantuan, pendampingan, hingga pelatihan kepada calon wirausaha muda di tanah air. Microsoft dinilai termasuk salah satu perusahaan Ilmu Teknologi tersukses di dunia yang diawali dengan suatu kerja keras yang menginspirasi. microsoft menargetkan tahun ini mampu mendorong terlahirnya lebih dari dua juta wirausahawan baru untuk mendorong meningkatnya populasi wirausaha di tanah air agar mencapai dua persen dari jumlah seluruh penduduk sebagai prasyarat untuk menjadi negara maju.


ISI
Gerakan kewirausahaan nasional

  Antusias anak muda menjadi seorang wirausaha belakangan ini nampak terus meningkat. terbukti dari jumlah peserta “ kompetisi business plan” yang diselenggarakan kementerian koperasi & ukm ini mampu menjaring sebanyak 14.275 anak muda yang sudah mengajukan proposal sebagai peserta calom wirausaha.
   Diluar dugaan proposal rencana bisnis calon wirausaha ini masuk ke panitia hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati gerakan kewirausahaan nasional ( GKN ) ke-3 yang puncaknya akan digelar  pada 18 maret 2013 digelora bung karno senayan jakarta.
   Menteri koperasi  & ukm syarief hasan sendiri mengaku bangga mendengar membludaknya jumlah peserta “kompetisi business plan” ini. Karena ia tak mengira kalau acara yang digagas untuk menjaring calon wirausaha muda itu sangat diminati kalangan anak muda.
   Apalagi pelaksanaan kompetisi calon wirausaha muda kali ini mendapat dukungan dari perusahaan raksasa bidang IT Microsoft. Kerjasama ini mencakup program pengembangan wirausaha muda yang mendapat perhatian dari pemilik Microsoft, Bill Gates.
    Syarief mengatakan pada masa mendatang diharapkan Microsoft banyak memberikan dukungan terhadap program pengembangan wirausaha di bidang IT.
   Keikutsertaan perusahaan Microsoft ini dalam memberikan bantuan, pendampingan hingga pelatihan kepada calon wirausaha muda di tanah air.
   Menurut dia, Microsoft termasuk salah satu perusahaan IT paling sukses di dunia yang telah banyak menginspirasi generasi muda. “inspirasi ini bisa kita replikasikan kepada calon wirausaha muda”. Dari pelaksanaan kompetisi ini diharapkan mampu mendorong terciptanya lebih dua juta seorang wirausaha batu untuk mendukung  meningkatnya populasi wirausaha ditanah air. “saya menargetkan 2013 ini jumlah seorang wirausaha bisa mencapai dua persen dari total penduduk sebagai prasyarat untuk menjadi negara maju, “ tegas Menkop & ukm syarief hasan.
   Menkop juga menegaskan bahwa bill gates selaku pendiri Microsoft menyatakan dukungannya atas GKN yang diadakan pemerintah Indonesia. “ dengan adanya gerakan ini, saya meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 6,8 persen pada 2013. Sebab kelak kita akan bertumpu pada anak muda, “ucapnya. Hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman ( mou ) dikantor kementerian koperasi & ukm itu, presiden direktur PT Microsoft Indonesia, Andreas diantoro beserta Direktur Utama PT Cyberindo Persada Nusantara, Deddy.
   Andreas menanggapi jika GKN sejalan dengan program global Microsoft Youth Spark. “program ini akan memfasilitasi 300 juta orang muda di seluruh dunia yang memiliki potensi dibidang teknologi informasi selama tiga tahun kedepan. Ini merupakan kerjasama strategis,”ujar Andreas. Microsoft mengajak mitra ushananya di Indonesia untuk memberikan peluang pendidikan dan pelatihan keterampilan komputer bagi anak muda yang kurang mampu. Salah satunya adalah yayasan cinta anak bangsa ( YCAB ) yang menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk memberikan konseling, pelatihan kejuruan, serta memberikan akses kepada pinjaman mikro. Sejak 2011 lalu, Microsoft telah memberikan dukungan kepada YCAB dalam upaya untuk memberdayakan anak muda Indonesia melalui program “rumah belajar”, “sejak 2011 ‘rumah belajar microsoft’ menjadi salah satu pusat Teknologi masyarakat Community Technology Centres/CTC) .
   Kami sebagai pimpinan Microsoft Indonesia memberikan dukungan,”ucapnya. Andreas menjelaskan saat ini di Indonesia sudah ada lima ‘Rumah Belajar Microsoft’ yang didirikan diempat provinsi. “Di ‘Rumah Belajar Microsoft’ ini kami memberikan kursus dalam bidang teknologi informasi yang berbasis produk Microsoft Office, “ kata dia . Microsoft dan YCAB , lanjutnya , juga memberikan akses program beasiswa bagi para siswa yang berprestasi tinggi supaya mereka dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “Selain itu kami juga membantu dana untuk mereka yg mau membuka usaha kecil . Dan sempet saat ini ada 900 siswa yang telah berpartisipasi mengikuti program ‘Rumah Belajar Microsoft’,” tegas Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia itu.
   Diminati Deputi Bidang Pengembangan  Sumber Daya Manusia Kementrian Koperasi dan UKM Prakoso Budi Susetio mengatkan bahwa pihak panitia yang melakukan sosialisasi kurang tiga dari bulan telah sukses menjaring 14.275 proposal  yang diajukan para calon wirausaha muda.
   Menurut Prakoso , pihaknya menggelar kompetisi business plan ini dengan memberikan hadiah modal usaha Rp 25 juta kepada 1.500 proposal yg dikirim kepanitia lewat email dan website www.spiritgkn.com akan diseleksi . Bagi calon wirausaha muda yang terpilh akan dipanggil kejakarta untuk mengikuti pelatihan wirausaha selama sepekan, sebelum diberikan modal awal untuk memulai usaha . “Banyaknya proposal yang masuk mengikuti kompetisi ini menandakan  besarnya animo masyarakat terhadap gerakan penciptaan kewirausahaan ini,” ujarnya.
    Sebelumnya pihak panitia telah melakukan road show untuk mensosialisasikan  Gerakan Kewirausahaan Nasional ke beberapa  kampus dijabodetabek ,Banten, dan Jawa Barat . “Total peserta yang mengikuti program sosialisasi ini mencapai 17.843 orang,” jelas Prakoso . Pihak panitia juga telah mencatat jumlah pengujung website www.spiritgkn.com  mencapai lebih dari 6.350.000 visitor yang kewirausahaan semakin diminati muda . “Di waktu mendatang kami akan melanjutkan dan mereplikasikan program ini ke berbagai kota di indonesia , mungkin tahap awal akan digelar di20 kota,”paparnya .


PENUTUP
     Banyaknya  peluang bisnis diindonesia semakin pesat sehingga perusahaan microsoft  memanfaatkan peluang untuk memotivasi calon wirausaha muda yang ingin sukses.  Microsoft diharapkan  mampu  meningkatkan perkembangan kewirausahaan di bidang ilmu teknologi dan bisa bersaing dengan negara-negara yang memiliki ilmu teknologi yang lebih modern.


DAFTAR PUSTAKA
Sumber : Majalah MIKRO referensi & inspirasi bisnis hal 28-29 Edisi 04 maret 2013
http://gotaufikblog.blogspot.com/2013/02/microsoft-dukung-pengembangan-wirausaha.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar